Jelajah Museum Angkut


Ketika Anda sekeluarga berlibur di kota Batu Malang, tentulah tidak lengkap jika tidak mengunjungi wahana wisata terbaru di kota Apel ini yakni Museum Angkut.

Ya, museum angkut memang museum yang memamerkan berbagai alat transportasi kuno dan modern dari berbagai belahan dunia, mulai dari transportasi darat, laut dan udara. Dengan setting sesuai zona masing-masing, Anda dan rombongan akan dibawa menjelajahi setiap zona dengan alat transportasi masing-masing.

museum angkut 13 Jelajah Museum Angkut

Zona Edukasi

Setelah membayar harga tiket (baca: Museum Angkut Resmi Dibuka) Anda akan memasuki zona pertama, yakni Zona Edukasi. Di sini dipamerkan berbagai macam mobil, motor dan alat transportasi lain seperti mobil Presiden RI pertama Soekarno seri Chrysler Windsor Deluxe, kemudian juga ada motor-motor jaman dulu. Tidak ketinggalan mobil sport Porsche dan pembalap F1 tampil di zona ini. Becak-becak Nusantara, bemo, hingga kereta kuda juga ikut meramaikan zona edukasi di Museum Angkut ini.

Museum Angkut memajang puluhan mobil antik seperti Alfa Romeo keluaran tahun 1966, Bentley tahun 1957, dan Chrysler Windsor Deluxe produksi 1952. Bagi Anda yang penasaran dengan mobil listrik milik Menteri BUMN Dahlan Iskan, Tuxuci, dan mobil listrik karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, bisa Anda nikmati pula di sini.

Bahkan di museum ini diisi kurang lebih 300 unit kendaraan mewah pada masanya. Untuk pengadaan sejumlah kendaraan kuno tersebut, pengelola Museum Angkut mendatangkan langsung kendaraan-kendaraan tersebut dari negara asalnya seperti Amerika Serikat, Italia, Australia, Jerman, Inggris, dan Jepang.

museum angkut 1 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 2 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 3 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 4 Jelajah Museum Angkut

 

Zona Pecinan dan Batavia

Sesuai dengan namanya, Anda dan rombongan akan menikmati alat-alat transportasi pada masa Batavia dahulu. Di Zona Pecinan, berbagai angkutan khas Indonesia seperti gerobak, sepeda onthel lengkap dengan keranjang yang berisi barang-barang dagangan, dokar, becak, oplet sampai sepeda motor di era 1940-an, hadir menghidupkan suasana layaknya berada di Pecinan ala Indonesia. Sedangkan Zona Batavia menyuguhkan suasana pelabuhan Sunda Kelapa dan Stasiun Jakarta Kota tempo dulu yang dibuat dengan latar awal abad ke-19. Di zona ini ditampilkan keramaian pelabuhan dengan suasana jual beli, becak, pedati, bemo, dan sejumlah angkutan pada zaman tersebut.

museum angkut 5 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 6 Jelajah Museum Angkut

 

Zona Amerika, Gangster, Las Vegas, Hollywood

Setelah puas menikmati “Jakarta Tempo Doeloe”, pengunjung akan dibawa ke zona selanjutnya, yakni Zona Amerika yang dilengkapi dengan scene gangster, Las Vegas, Broadway dan Hollywood. Silakan berfoto-foto sampai puas dengan mobil polisi Amerika, artis-artis Amerika terkenal ataupun berfoto dalam “penjara”. Hehe, ya benar, Anda bisa merasakan dinginnya penjara di sini.

museum angkut 7 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 8 Jelajah Museum Angkut

 

Zona Italy, Perancis, Inggris, Jerman

Tidak hanya dibawa sampai “benua Amerika”, Anda dan rombongan-pun akan disuguhkan lagi pemandangan dan alat-alat transportasi di negara Italy, Perancis, Inggris, hingga Jerman. Bagaimana suasanya dan cantiknya kota dan kendaraan-kendaraan pada masa tersebut? Ya tentunya harus Anda nikmati sendiri dengan keluarga tercinta ataupun teman-teman Anda. Museum Angkut di Batu Malang ini mulai buka pukul 08.00 – 20.00 WIB. Silakan atur jadwal kunjungan Anda ya. Paling tidak sediakan waktu 1,5 – 2 jam di Museum Angkut ini.

museum angkut 9 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 10 Jelajah Museum Angkut

Selain alat-alat transportasi di Museum Angkut juga dipamerkan “artis-artis Hollywood” seperti Brad Pitt, Marilyn Monroe, Elvis Presley, Bruce Lee, hingga Mr Bean. Ada juga Bat Mobile kendaraan Batman dan Hulk raksasa yang tengah meremukkan sebuah mobil.

museum angkut 12 Jelajah Museum Angkut

museum angkut 11 Jelajah Museum Angkut

Koleksi Museum Angkut akan terus ditambah sesuai informasi dari pengelola. Beberapa wahana yang akan dihadirkan di antaranya pesawat Boeing 737, kereta api, dan kapal laut yang masih dalam perakitan. Nantinya pesawat itu bakal dipasang pada salah satu wahana di museum ini. Beberapa koleksinya lainnya yang akan hadir di antaranya adalah helikopter milik mantan Presiden Soekarno yang diberikan oleh Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy. Selain itu mobil anti peluru milik mantan Presiden Soeharto juga akan dipajang di sini.

Nah jika Anda telah berkunjung ke Museum Angkut ini, silakan datang lagi di waktu selanjutnya karena pasti koleksi-koleksinya sudah bertambah lengkap.

 

Pasar Apung

Kalau Anda telah lelah berkeliling dan puas menikmati mobil-mobil, motor, ataupun alat transportasi di Museum Angkut, Anda bisa berisitirahat di area samping museum yang dikenal dengan Pasar Apung. Sebuah tempat yang menjual berbagai macam makanan dan oleh-oleh yang dibangun di atas air selayaknya danau kecil, sehingga Anda akan merasa seperti berada di pasar Kalimantan. Di Pasar Apung ini tersedia berbagai makanan khas masing-masing daerah di Indonesia, seperti gudeg Jogja, sate madura, nasi timbal dan makanan khas lain untuk Anda nikmati. Dingin dan sejuknya udara di kota Batu Malang akan melengkapi kepuasan jalan-jalan Anda.

Pasar Apung Jelajah Museum Angkut

By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s