9 Tips Menghemat BBM Sepeda Motor Anda


 
Harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 6.500,- untuk premium bersubsidi hingga kini masih terasa dampaknya hingga kini.  Harga-harga masih tetap melambung tinggi tapi pendapatan sebaliknya. Uang makin hari makin terasa tak ada harganya. Meski demikian hal tersebut tak bisa dihindari sehingga masyarakat tetap harus menerima.
 
Untuk mengantisipasinya, pengguna sepeda motor harus berlaku hemat, dengan cara berkendara yang baik dan benar. Dan inilah 9 tips menghemat BBM sepeda motor anda :
1.  Hindari buka tutup gas secara spontan. Seringnya buka tutup gas saat mengendarai motor membuat pemakaian bahan bakar boros.
Tips : Sebaiknya saat mengendarai buka tutup gas sesuaikan dengan putaran mesin, baik pada motor manual maupun matik.
 
2.  Percikan api busi tidak boleh kecil karena berakibat pengapian busi kurang maksimal. Untuk  menghasilkan tenaga maksimal pada saat motor berjalan membutuhkan bensin/ campuran lebih banyak dibanding motor diam.
Tips :  Cek kelistrikan secara berkala, jangan sampai ada kabel terkelupas atau kotor karena debu melekat.
 
3.  Ganti main jet dan pilot jet dengan ukuran standar atau mendekati.  Bagi pengguna harian, ukuran main jet yang terlalu besar saat putaran tinggi bahan bakar yang kelauar jelas lebih banyak, begitu juga saat putaran rendah ukuran pilot jet yang tidak standar menjadikan suplai bahan bakar boros.
Tips : Bagi pengguna sepeda  motor sudah bukan jamannya lagi motor harian dibobok yang mengakibatkan bensin boros.
 
4.  Merawat motor dengan baik dan teratur. Dengan perawatan rutin kondisi sepeda motor akan selalu prima. 
Tips : Salah satunya yang cukup penting yang ada hubungannnya dengan borosnya bahan bakar yaitu kebersihan filter udara harus terawat. Bila filter bagus, aliran udara lancar dan bahan bakar tidsak boros.Sebab perbandingan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sesuai standar atau pebih homogen.
 
5.  Rantai diberi pelumas secara berkala. Motor dengan penggerak rantai akan terasa berat saat jalan. Jika rantai penuh dengan kotoran atau kerak, efeknya pemakaian bahan bakar boros. karena saat berjalan butuh tenaga lebih.
Tips : Berilah rantai dengan pelumas rantai yang bisa dibeli di toko-toko onderdil atau oli baru. Peringatan: jangan melumasi rantai dengan oli bekas hanya untuk menghemat karena oli bekas banyak terdapat gram atau kotoran mesin.
 
6.  Tekanan ban dibuat standar. Tekanan ban yang terlalu rendah menjadikan motor saat jalan sedikit lebih berat. 
Tips : periksalah secara rutin tekanan ban agar saat jalan ringan dan keawetan ban tetap terjaga.
 
7.  Mengganti oli mesin secara periodik. Penggatian secara berkala akan membuat motor lebih awet.
Tips : Gantilah oli sesuai anjuran pabrikan karena sudah disesuaikan dengan kondisi motor dan penggunaannya. Motor tidak cepat panas karena panas mesin bisa berpengaruh terhadap penguapan mesin sehingga pemakaian bensin bisa lebih boros.
 
8.  Hindari sering main hendle gas. Karena banyak bahan bakar terbuang percuma terutama saat berhenti, baik itu saat pemansan mesin maupun di lampu merah. Jadi jangan sering dan terlalu lama dalam main handel gas.
Tips : Pada pemanasan mesin di pagi hari cukup 2-3 menit sudah, caranya hendel gas di buka secara perlahan-lahan agar suplai oli menyeluruh kesela-sela mesin.
 
9.  Gunakan standar. Bila mengunakan knalpot racing, sebaiknya kembalikan standar. karena knalpot racing membutuhkan campuran bensin udara yang kaya. Suplai bahan bakar yang terlalu miskin jelas akan menyebabkan suara knalpot motor “nembak-nembak” jadi terpaksa suplai bahan bakar diperkaya. Otomatis penggunaan bahan bakar lebih boros dibanding dengan suplai bahan bakar knalpot standar.
Tips : Gunakan knalpot standar karena sudah diperhitungkan dengan cermat oleh pabrikan untuk performa maksimal tapi dengn bahan bakar seekonomis mungkin.
 
Jadi sangat mudah bukan untuk  menghemat BBM sepeda motor anda. Mulailah terapkan hari ini juga. Semoga bermanfaat.
By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s