Cara mengatasi fan belt berisik


     Masalah pada mobil mungkin akan sering terjadi apabila mobil Anda sudah memasuki usia semakin tua, seperti masalah yang akan kita bahas, yaitu cara mengatasi fan belt berisik.
Mungkin mobil yang masih tergolong baru bunyi di dalam kap mesin akan terdengar alus, namun apabila sudah memasuki usia semakin tua biasanya akan terdengar suara berisik pada kap mesin yaitu bersumber pada fan belt mobil Anda.
   Apa sih fan belt, v-belt atau AC belt itu? Terbuat dari campran karet imitasi dan tali baja, kemudian apa fungsinya?? Meneneruskan putaran dari engine ke pompa oli, kipas radiator, dinamao ampere atau alternator, kompresor AC dan kawan-kawan melalaui pulley.
   -Ada beberapa faktor yang menyebabkan fan belt menjadi berisik.
Seperti komponen mobil yang lainnya bahwa fan belt juga mempunyai umur pemakaian, mungkin umurnya tergolong dalam jangka yang panjang atau lama.
 Cara mengecek kondisi fan belt secara manual cukup mudah saja, cukup raba permukaan dalam fan belt kemudian rasakan apakah permukaannya masih mulus ataukah sudah retak-retak?
Kalau misalkan sudah retak-retak dapat di ambil kesimpulan bahwa kondisi fan belt sudah waktunya di ganti dengan yang baru.
  Itulah yang menyebabkan fan belt menjadi berisik, karena usia fan belt nya sendiri.
Cara mengatasinya dengan menganti fan belt baru.
 – Apalagi posisi fan belt  yang terletak di luar  menjadikannya sering terekspos oleh cuaca ekstrim alam melalui kolong mobil.
Itulah yang menyebabkan fan belt kotor kemudian menjadi berisik.
   Sekarang kita cari solusinya, ya benar sekalai cara mengatasinya,
-Cara mengatasinya cukup mudah saja, bagi Anda yang memilih cara yang simpel cukup menggunakan aerosol.
Cara penggunaannyacukup mudah Anda tinggal menyeprotkannya ke arah dalam permukaan fan belt sampai tidak berdecit lagi, ingat jangan berlebihan dalam penggunaannya karena ruang mesin akan menjadi kotor.
   -Kalau misalkan Anda tidak sempat membeli aerosol Anda juda dapat menggunakan cara yang satu ini, menggunakan grease atau gemuk, oli transmisi, oli gardan dan oli mesin secukupnya kemudian oleskan pada bagian dalam permukaan fan belt. penggunaan yang belebihan dapat menyebabkan fan belt slip.
  -Atau mungkin di dalam rumah Anda tidak ada semua benda tadi yang Saya sarankan, Anda juga bisa menggunakan cara yang ini yaitu dengan lilin.
Apil lilin secukupnya tempelkanlilin batang pada bagian dalam permukaan fan belt yang bunyi.
 -Seandainya komponen diatas tidak ada semua Anda bisa juga menggunakan sabun colek atau sabun cuci.
Oleskan sabun cuci atau sabun colek pada permukaan dalam fan belt yang bersingggungan langsung dengan pulley secukupnya.
  Cukup sekian dari Saya semoga apa yang saya share bisa bermanfaat..terimakasih
selamat mencoba good luck
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s