Penyebab utama mesin mobil mati dan tidak bisa di hidupkan


Penyebab utama mesin mobil mati dan tidak bisa di hidupkan

tips - penyebab utama mesin mobil mati dan tidak bisa di hidupkan

Mesin mobil yg tidak bisa dihidupkan maupun dan tiba-tiba mati pasti ada penyebabnya, dan harus di ketahui agar mudah teratasi. Ada begitu banyak manfaat bila mengetahui tentang mesin, salah satunya anda mudah menerka penyebab mobil mati dan tidak bisa di starter lalu tanpa kebingungan anda bisa menghidupkanya.

Baterai mobil


Pengertian mudahnya, baterai mobil memainkan fungsi utama jika mobil tak bisa dihidupkan. Walau demikian bilamana bateri yang lemah umumnya system elektronik pada mobil tak lagi berfungsi dengan baik. Berikut ini ulasan kerusakan baterai yang menyebabkan mobil mati.

1. Alarm bakal berbunyi apabila enjin cuba dihidupkan

2. Seluruhnya lampu yang terkait dengan alarm bakal bernyala

3. Lampu panel mtr. bakal nyala apabila kunci mobil diputar mengikut arah jam (tombol ‘START’)

4. Starter mobil bakal berbunyi hentakan seperti ‘tak…. tak’ berterusan bila mesin cuba dihidupkan.

5. Power window yang ditekan bakal mengakibatkan alarm berbunyi.

6. Lampu alarm selalu nyala apabila mesin mobil cuba dihidupkan.

Jika bateri lemah alarm serta lampu hadapan dan signal bakal menyala ketika engine cuba dihidupkan serta system elektronik dan elektrikal bakal ada dalam situasi ‘malfunction’.

Cara memperbaiki alarm yang berbunyi serta selalu menyala dan system elektronik tidak normal

1. Putar kunci mobil pada posisi ‘ON’

2. Pakai spanar (kunci) bersaiz 10 atau 12 atau playar (tang) serta buka skru positif pada bateri

3. Angkat kabel penyambung bateri

4. Pegang kabel serta letakan awal mulanya pada kepala bateri dengan cara sekejap-sekejap

5. Dengarkan bunyi alarm 2 kali serta lampu hadapan berkelip 2 kali mengisyaratkan system sudah direset

6. Bunyi alarm selalu berhenti begitupun dengan lampu yang nyala mengisyaratkan system elektronik sudah dihentikan/direset ke asal.

7. Cabut bateri serta ganti dengan yang bateri bagus

Apa yang digariskan diatas hanya untuk mengenalpasti serta cara menangani bunyi alarm serta system elektronik yang tidak berhasil berperan ketika mesin mobil cuba dihidupkan.

Kerusakan lain dari bateray bila mesin tetap tak bisa dihidupkan

Di bawah ini digariskan sebagian tips mengenalpasti persoalan awal kerusakan mobil anda bila ia tak bisa dihidupkan saat sedang dipakai serta mati dengan cara tiba-tiba..

1. Bila mesin bisa dibunyikan sekian kali namun ia tak selalu hidup lalu mengeluarkan sedikit asap serta ekzos meletup sedikit menandakan sstem karburator serta fuel pump menjadi penyebabnya.

2. Bila mesin bisa dibunyikan sekian kali namun mobil tidak ada gegaran mengisyaratkan taluisawat/timing belt yang putus

3. Bila mtr. pengesan kepanasan ada pada step merah serta terus berhenti serta mesin tak berhasil dihidupkan mengisyaratkan mesin terlalu panas dan sudah membakar gasket silinder serta oli telah naik ke ruang pembakaran serta membasahi plug.

4. Bila mesin selalu mati serta seluruhnya lampu pada panel mtr. hilang secara tiba-tiba mengisyaratkan kerusakan pada relay utama Mesin mobil serta system elektrikal yang terhubung pada ECU (Mesin Control Unit)

Mesin Mobil bisa di hidupkan saat:

Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati susah di hidupkan

1. Bunyi berdetik saat kunci posisi ‘ON’

2. Lampu panel mtr. nyala termasuk juga lampu kecil ‘check engine’.

Starter

Kerosakan pada starter bisa dikesan awal. Jika mesin tak dapat dihidupkan serta starter berbunyi hentakan seperti ‘tak… tidak tiap-tiap kali kunci diputar mengisyaratkan kerosakan pada solenoid serta sambungan kabel negatif.

Mendorong mobil juga satu cara untuk menghidupkan mesin mobil bila kerusakan terjadi pada starter.

Kabel negatif “min” starter seringkali mengakibatkan mesin mobil susah dihidupkan serta umumnya langkah memberikan 6 kabel berelay merupakan cara penyelesaian paling baik untuk mengatasinya. Cermati ground yg tidak berfungsi pada starter.

Alternator

Seperti yang sudah dinyatakan di atas bila nyalaan lampu alarm berterusan mengisyaratkan kerosakan pada bateri namun jika alternator bermasalah seluruhnya lampu pada panel mtr. dalam keadaan hidup kedap kedip hanya sebentar. Ini cuma bisa diketahui dengan saat mobil dihidupkan dan kabel penyambung negatif bateri dilepaskan saat enjin hidup. Jika mesin tak mati berarti alternator tetap bisa dipakai.

Untuk mobil yang banyak lakukan penambahan aksesories seperti power amp radio, sistem audio, sportlight, lampu brek, lampu bawah ekzos dsbnya, mobil seharusnya memakai baterai mobil berkekuatan besar serta alternator berkuasa ampere yang tinggi untuk menstabilkan tenaga yang dipakai untuk mengecas kembali.

By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s