Manfaat Kaca Film Buat Menghemat Bahan Bakar Mobil


kebutuhan terhadap window film di negara tropis, tentu telah menjadi menu wajib bagi Agen Pemegang Merek (APM) mobil di Indonesia. Tak heran bila window film kini menjadi paket dalam penjualan mobil di Tanah Air. Dan tidak sedikit, APM window film pun menjadi partner, seperti Solargard, V-Kool, 3M dan lainnya.

Tujuan utama dari penggunaan window film di kendaraan tentu sebagai penolak panas dari sinar matahari. Wajar bila kini sudah tidak atau sangat jarang sekali ditemukan mobil tanpa dilengkapi window film.

Efeknya, persaingan bisnis window film pun turut memanas. Beragam teknologi ditawarkan produsen window film untuk menghalau panas dari terik matahari ke kabin mobil. Dari penggunaan warna gelap hingga lapisan metal yang disinyalir mampu mereduksi peningkatan suhu pada interior kendaraan.

Kondisi suhu kabin yang lebih dingin akibat pengunaan window film untuk menolak panas dari luar mobil, secara otomatis akan meringankan kerja dari sistem AC. Dampaknya, tentu konsumsi BBM akan menjadi turut tereduksi.

penasaran dengan kondisi seperti ini, Auto Bild pun melakukan uji coba dengan menggunakan Datsun GO+ Panca sebagai kelinci percobaan.

Pengetesan dimulai dengan berkendara siang hari di rute dalam kota sejauh 200 km. Dengan kondisi jalan yang variatif, kecepatan rata-rata terpaku di angka 23 km/jam via navigasi Garmin. Hasilnya, GO+ Panca tanpa kaca film ini menghabiskan konsumsi BBM rata-rata 11,5 km/l.

Reduksi panas langsung terasa Kegelapan bukan jaminan mampu menyerap panas

Selang seminggu kemudian, barulah kaca film dipasangkan. Pilihan jatuh pada kaca film asal Amerika Serikat, Solar Gard. Kaca depan GO+ Panca kami lapis kaca film tipe LX40. Sementara kaca samping dan belakang dilapis kaca film HP Charcoal 6. Tipe ini sendiri memang tidak dijual di pasar Tanah Air, karena dipasok khusus sebagai kaca film OEM.

Pengujiannya kami lanjutkan dengan menempuh rute dalam kota yang sama sejauh 200 km. Dengan kecepatan rata-rata 23 km/jam, hasil konsumsi BBM terkoreksi lebih irit menjadi 13,3 km/l.

Selain menghemat BBM, kenyaman di kabin juga semakin terasa. Tidak semata mendapatkan efek gelap di kabin, kaca film ini juga cukup jernih bisa menolak panas dengan pantulan rendah. Bahkan sinar inframerah dan sinar UV bisa terhalau drastis ma­sing-masing 95% dan 99%.

Jika diakumulasi, GO+ Panca dengan kaca film mendapatkan benefit 1,8 km/l atau sebesar 13,5%. Satu pembuktian bahwa kaca film tidak hanya berfungsi mengurangi efek sinar matahari tapi mampu meningkatkan efisiensi konsumsi BBM.

Window film belakang juga menjamin kabin lebih nyaman

Kriteria Kaca Film Yang Hemat BBM

  1. Hindari kaca film yang bersifat IR Dye karena hanya bersifat menyerap panas bukan menolak panas.
  2. Kaca film yang mampu menolak energi matahari dapat meningkatkan kesejukan suhu kabin. Hal ini akan berimbas pada penggunaan AC yang lebih stabil. Imbasnya beban mesin akan berkurang dan efisiensi BBM jadi meningkat

Spesifikasi Kaca Film Tolak Panas

  1. VLT (Visible Light Transmittance), persentase cahaya matahari yang diteruskan oleh kaca film. Semakin kecil angkanya berarti semakin redup suasana dalam kabin.
  2. UVR (Ultra Violet Rejected), persentase sinar Ultra Violet yang ditolak oleh kaca film, semakin besar angkanya semakin baik.
  3. IRR (Infra Red Rejected), persentase sinar Infra Red yang ditolak oleh kaca film, semakin besar angkanya semakin baik.
  4. TSER (Total Solar Energi Rejected), persentase energi matahari secara keseluruhan yang ditolak kaca film. semakin besar angkanya semakin baik.
  5. KEGELAPAN, Tingkat kegelapan kaca film untuk kaca depan maksimal pada angka 40%, lebih dari itu sangat tidak dianjurkan.
By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s