Cara Merawat Rem Mobil


Cara Merawat Rem Mobil – Mengenali gejala rem blong sangat penting untuk kita ketahui, sebab banyak sekali kasus kecelakaan diakibatkan oleh rem blong. Rem merupakan komponen mobil yang penting yang berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan. Jangan tunggu hingga rem blong baru kita tersadar betapa pentingnya merawat mobil.

 Apabila saat ini pada mobil anda muncul gangguan – gangguan seperti rem mobil berbunyi, rem bergetar atau tercium bau hangus dari rem mobil sebaiknya segera bawa mobil tersebut ke bengkel mobil yang terpercaya. Berikut ini adalah informasi otomotif untuk mengenali beberapa gejala rem blong dan Tips cara merawat Rem Mobil

Gejala Rem Blong Pada Mobil :

  • Pada Mobil yang mempunyai rem dengan system anti lock brake system ( ABS ), jika indikatornya menyala ini artinya sensor pada roda tidak berfungsi dengan baik, bisa juga berarti kampas rem mobil sudah tipis. Jika indikator rem parkir nya menyala hal ini mengindikasikan bahwa terjadi kebocoran atau minyak rem habis.
  • Apabila pedal rem diinjak terasa ada getaran, berdenyut atau berbunyi berarti permukaan piringan rem / disc brake nya sudah tidak rata atau ada benjolan.
  • Apabila tercium bau hangus mirip minyak terbakar dari roda, hal ini sebagai pertanda telah terjadi kebocoran disekitar kaliper.
  • Jika gejala –gejala rem blong tersebut sudah ada pada mobil anda, solusinya adalah segera membawanya ke bengkel mobil resmi atau bisa juga dengan membawa ke bengkel yang melayani Service Bubut Rem (Disc Brake Resurface) dengan tekhnologi Pro-cut Rotor Matching System (RMS).
Cara Merawat Rem Mobil :
  • Periksa minyak rem mobil setiap seminggu sekali, atau ganti secara berkala setiap 50000 km
  • Periksa ketebalan kampas rem mobil, biasanya para produsen mobil menyarankan agar kampas rem diganti setiap 25000 km. Akan tetapi hal ini tergantung dari cara mengemudi bila sering melewati jalan berlubang yang mengharuskan banyak mengerem bisa saja kampas rem menjadi cepat tipis. untuk memeriksanya bisa dengan memasukkan jari ke sela – sela kampas rem dan kaliper pada saat rem sudah dingin.penggantian material Sepatu rem tromol sebaiknya 4 banding 1, yang berarti bahwa bila kampas rem sudah diganti sebanyak 4 kali, maka sepatu rem tersebut harus diganti  tiap 10000 km sebab bebannya lebih ringan  bila dibandingkan kampas.
  • Service rem mobil secara berkala setiap 5000 km
Semoga beberapa tips cara merawat rem mobil dan bagaimana mengenali gejala rem mobil blong diatas bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan sebagai upaya mencegah kejadian fatal saat berkendara. Tetap waspada dan merawat kondisi mobil merupakan salah satu cara menghindari kecelakaan di jalan.
By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s