Cara Menyetel Rem Tangan Mobil Sedan atau Rem Tromol


penyetelan terhadap rem tangan mobil atau hand rem ataupun hand brake diperlukan ketika rem tangan sudah terasa terlalu tinggi.

Rem tangan atau handrem sangat penting saat kita parkir mobil, apalagi jika kita parkir kendaraan di daerah turunan atau tanjakan dan di atas gedung, rem tangan mutlak diperlukan.

Pada tuas rem tangan mobil terdapat gerigi untuk mengunci posisi rem, adanya gigi ini akan berhubungan dengan jumlah klik yang terdengar ketika kita menarik tuas hand rem.

Untuk jumlah bunyi klik yang aman berada di antara 6 sampai 9 terdengar bunyi klik ketika menarik tuas rem. Di atas sembilan klik, rem tangan akan terasa lebih tinggi dan rawan dengan rem blong saat parkir.

Berikut cara mudah menyetel rem tangan melalui roda belakang pada mobil sedan dan selain menyetel rem tangan mobil juga bertujuan untuk mengetahui ketebalan kampas rem nya atau brake shoe.

Persiapan peralatan yang diperlukan adalah:

1.Dongkrak untuk mengangkat mobil

2.Kunci Roda untuk membuka baut roda

3.Kunci 12 shock dan stang rachet atau kunci 12 kombinasi

4.Anti karat untuk mempermudah saat melepas drum brake atau tromol
5.Obeng Minus untuk memutar penyetel sepatu rem atau brake shoe

6.Baut 12 mm sebanyak 2 biji

Langkah Pembongkaran atau cara membuka rem tromol roda belakang sebelum menyetel kampas rem atau sepatu rem(brake shoe).

1.Parkir Mobil pada posisi yang rata untuk keamanan dan tambahkan pengganjal roda dan tarik rem tangan
2.Kendorkan mur roda belakang secukupnya sebelum mengangkat mobil

3.Dongkrak mobil sampai roda tidak menyentuh tanah

4.Buka mur roda yang sudah di kendorkan
5.Buka Roda belakang

Cara membuka drum brake atau tromol pada rem belakang mobil

1.Setelah roda terbuka, masuk ke kabin untuk membebaskan atau menurunkan rem tangan

2.Setelah rem tangan diturunkan,putar drum brake atau tromol,kalau drum brake bisa digoyangkan dan ditarik keluar dengan mudah, maka lewati langkah cara membuka drum brake ini.

3.Semprotkan cairan Anti karat melewati celah sedikit yang ada di mur roda dan hub roda karena biasanya karat akan terlihat antara drum brake atau tromol dengan hub roda.

4.Tunggu 2 atau 3 menit agar cairan anti karat meresap antara celah hub roda dengan tromol

5.Masukan baut 12 mm ke lubang berulir ukuran 12 mm (lihat gambar di atas), putar baut 12 searah jarum jam kunci 12,bisa menggunakan kunci shock atau kunci 12 kombinasi sehingga drum brake tertarik keluar.

Catatan : Cara membuka tromol ini rem ini, posisi rem tangan harus turun, kalau tidak plat di belakang brake shoe(sepatu rem/kampas rem) bisa bengkok karena tertarik oleh sepatu rem yang menekan keras ke tromol saat drum brake ditarik keluar oleh baut 12.

6.Lepaskan drum brake dan buka kembali baut 12 yang di pakai untuk mengeluarkan atau menarik tromol (drum brake).

Menyetel rem tangan mobil dengan melebarkan jarak atau diameter sepatu rem (brake shoe)

1.Sebelum menyetel brake shoe,periksa ketebalan dari kampas rem nya, jika kurang dari 1 mm lebih baik ganti kampas rem nya.

2.Ambil obeng minus putar ke arah atas gigi penyetel (lihat gambar di atas) biasanya akan terdengar bunyi klik saat diputar, hitung kira kira 5 sampai 10 klik. Saat diputar penyetel sepatu rem akan mengembang.

3.Kemudian masukan drum brake dan pastikan drum brake bisa masuk dengan mudah, kalau tidak bisa masuk berarti kampas rem terlalu keluar atau putaran penyetelan pada langkah ke 2 diatas terlalu banyak. Kurangi beberapa klik putaran gigi penyetel dengan memutar ke arah sebaliknya atau putar ke arah bawah.

4. Masukan lagi drum brake dan harus bisa berputar dengan mudah, karena jika tidak bisa berputar dengan mudah atau penyetelan kampas rem terlalu keluar, terkadang akan menimbulkan bunyi dug dug dari roda belakang saat mobil mundur.

5. Pasang kembali roda dengan benar dan kencangkan mur roda,

6. Masuk kabin dan cek berapa klik bunyi rem tangan saat ditarik tuas rem tangan , dan biasanya akan berada di angka 6 sampai 7 klik setelah penyetelan rem belakang.

Terakhir jangan lupa juga lakukan prosedur atau cara yang sama untuk stel rem tangan mobil pada roda belakang satunya.

By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s