Membuat Aplikasi Berbasis Web


Aplikasi berbasis webMembuat Website sekarang tidaklah sulit, sudah banyak tutorialnya di internet tinggal kita mau belajar atau tidak, pada dasarnya Membuat aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemprograman HTML, PHP dan CSS sebagai desain websitenya tetapi agar lebih atraktif biasanya programmer menambahkan Javasript. Sekarang kita akan membahas HTML terlebih dahulu.

Lagkah pertama untuk membuat aplikasi berbasis web adalah kita menginstall software pendukung seperti Adobe Dreamweaver ataupun Notepad++, setelah itu kita bisa mencobanya menuliskan tag HTML dasar seperti

<html> <Title>Aplikasi Berbasis Web</Title> <head><h1>Belajar Pemprograman Web</h1></head> <body> <p>Aplikasi Web</p> </body> </html>Jangan lupa untuk  ekstensi filenya kita tuliskan .html agar bisa dubuka di browser kita. Contoh diatas merupakan script html dasar yang terdiri dari title, head dan body. Title disini menerangkan judul halaman web yang berada di atas halaman page browser, dan head menerangkan kepala dari halaman web, penulisanya diapit oleh tag <head>…</head>, selain itu ada Body, bagian Body merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML disana kalian menuliskan informasi yang akan di tampilkan pada halaman browser penulisanya di apit oleh tag <body>….</body>.

Kalau sudah jadi kita save dalam bentuk file html (Contoh.html), setelah  itu tinggal kita jalankan pada browser dan nanti akan muncul gambar seperti

Aplikasi berbasis webAplikasi web biasa dijalankan menggunakan web browser dan tidak perlu melakukan installasi terlebih dahulu, jadi aplikasi ini bisa di jalankan kalau ada web browsernya, biasanya jika kita menggunakan aplikasi berbasis web kita membutuhkan koneksi internet jadi kita bisa buka di mana saja, sebenarnya kita juga bisa menggunakan aplikasi web tanpa koneksi internet tetapi kita membutuhkan localhost sendiri, biasanya menggunaan Aplikasi XAMPP, XAMPP adalah satu aplikasi yang terdiri dari banyak program, XAMPP singkatan dari X yang berarti gabungan antara beberapa program, Apcahe, MySql, PHP, dan Perl. Jadi jika kita menggunkana XAMPP kita sudah bisa menjalankan Aplikasi web yang kita buat karena didalamnya sudah terdapat MySql sebagai Database, Apache sebagai web server dan Php sebagai bahasa pemprograman yang berjalan pada web server.

Dengan menuliskan kode HTML diatas anda sudah bisa membuat halaman web secara sederhanya, tentunya masih banyak yang harus di pelajari untuk bisa membuat halaman website yang atraktif. untuk refrensi pembelajaran HTML, CSS dan Javascript anda bisa buka w3schools.com disana banyak sekali tutorial pembelajaran untuk membangun aplikasi berbasis web.

By dennyhellmanda90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s